Langsung ke konten utama

MATERI MATEMATIKA KELAS XI BAB 2 FUNGSI

STANDAR KOMPETENSI
 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi
Fungsi adalah relasi yang lebih khusus.
Fungsi (pemetaan) himpunan A ke himpunan B adalah suatu relasi khusus yang menghubungkan setiap anggota himpunan A dengan tepat satu anggota himpunan B.

Contoh : Relasi antara A=(a, b, c) dan B = (1, 2, 3) berikut dikatakan fungsi












Misalkan kita memiliki fungsi sebagagai berikut :







{a, b, c, d } disebut domain / daerah asal / daerah kawan
{p, q, r, dan s} disebut kodomain / derah lawan
{p, q, s} disebut range atau daerah hasil


Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep fungsi linier
Bentuk umum : f(x) = mx + c      atau   y = mx + c
Grafik : berbentuk garis lurus dengan gradien m dan melalui titik (0,c)










  1. Gradien
Persamaan garis biasa juga ditulis y = mx + c, dengan m, c Î Â. Dalam hal ini m dan c adalah konstanta, dengan m melambangkan gradien (koefisien arah) garis  lurus.
gradien dapat pula didefinisikan dengan 






     2. Menentukan persamaan garis melalui satu titik (  x1  y1  ) dan bergradien m

     3.  Menentukan persamaan garis melalui dua titik    Persamaan garis melalui dua titik A(x1,y1) dan B(x2,y2)

     4.   Menentukan titik potong antara dua garis yang sejajar dan tegak lurus









Standar Kompetensi:      Menggambar grafik fungsi kuadrat
Menerapkan konsep fungsi kuadrat
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah y = ax2 bx + c dengan     a, b, c Î Â dan ¹ 0. Grafik fungsi kuadrat berbentuk parabola maka sering juga disebut fungsi parabola.
Jika a > 0 , parabola terbuka ke atas,
Jika a < 0 , parabola terbuka ke bawah
Langkah-langkah menggambar grafik fungsi kuadrat  y = ax2 bx + :
1.      Menentukan pembuat nol fungsi ® y = 0 atau f(x= 0
Pembuat nol fungsi dari persamaan kuadrat  y = ax2 bx + c diperoleh jika  ax2 bx + c= 0. Sehingga diperoleh nilai x yang memenuhi   ax2 bx + c = 0.
2.      Menentukan sumbu simetri , x = -b / 2a
3.      Menentukan titik puncak (x, y) dengan x = -b / 2a  dan y = D / -4a
      Dengan nilai diskriminan D = b2 - 4ac.

Menenetukan persamaan grafik fungsi kuadrat
1.      Grafik fungsi kuadrat yang melalui titik balik (xe, ye) dan sebuah titik tertentu (x, y):













        2. Grafik fungsi kuadrat yang memotong sumbu X di dua titik (x1, 0), (x2, 0), dan melalui sebuah titik                 tertentu (x, y):


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar Alat Ukur Besaran Pokok

gambar alat ukur  besaran pokok  yang meliputi  gambar alat ukur besaran panjang ,  gambar alat ukur besaran massa ,  gambar alat ukur besaran waktu ,  gambar alat ukur besran suhu ,  gambar alat ukur besaran kuat arus ,  gambar alat ukur besaran intesitas cahaya  dan  alat ukur besaran jumlah zat Gambar Alat Ukur Panjang (Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup) 1.         Mistar/penggaris (ruler) Gambar alat ukur panjang yaitu mistar/penggaris sumber gambar:  Wpclipart Untuk mengetahui macam-macam atau jenis-jenis mistar silahkan baca " jenis-jenis mistar " 2.       Jangka Sorong (Vernier Caliper) Gambar jangka sorong digital. Sumber gambar :  bombayharbor.com Gambar jangka sorong manual. Image:  glue-it.com   Untuk mengetahui cara penggunaan jangka sorong (vernier caliper) silahkan baca " cara penggunaan jangka sorong (...

MATERI MATEMATIKA KELAS X BAB 6 LOGIKA MATEMATIKA

Standar Kompetensi Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor 1.        Kompetensi Dasar  1 : Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi biimplikasi dan ingkarannya Negasi (Ingkaran)             Negasi adalah pengingkaran terhadap nilai kebenaran suatu pernyataan. ~ p : tidak p Tabel kebenaran negasi Kompetensi Dasar 2.  Mendeskripsikan konvers, invers dan kontraposisi 1)        Konjungsi adalah penggabungan dua pernyataan atau lebih dengan operator “dan”. p  Ù  q : p dan q 2)        Disjungsi adalah penggabungan dua pernyataan atau lebih dengan operator “atau”. p  Ú  q : p atau q 3)        Implikasi adalah penggabungan dua pernyataan dengan operat...

Satuan Pokok untuk Besaran Panjang

Hasil  pengukuran   besaran  panjang biasanya dinyatakan dalam satuan meter, centimeter, milimeter, atau kilometer.  Satuan  besaran panjang dalam SI adalah meter. Pada mulanya satu meter ditetapkan sama dengan panjang sepersepuluh juta (1/10.000.000) dari jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui Paris. Kemudian dibuatlah batang meter standar dari campuran Platina-Iridium. Satu meter didefinisikan sebagai jarak dua goresan pada batang ketika bersuhu 0ºC. Meter standar ini disimpan di  International Bureau of Weights and Measure  di Sevres, dekat Paris. Batang meter standar dapat berubah dan rusak karena dipengaruhi suhu, serta menimbulkan kesulitan dalam menentukan ketelitian pengukuran. Oleh karena itu, pada tahun 1960 definisi satu meter diubah. Satu meter didefinisikan sebagai jarak 1650763,72 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom gas krypton-86 dalam ruang hampa pada suatu lucutan listrik. Pada tahun 1983, Konferensi ...